RESIKO TELAT MENGGANTI TIMING BELT

BOSNews – setelah mengetahui tanda-tanda timing belt sudah harus diganti, sebaiknya kita segera mengecek kondisi timing belt. Karena jika ternyata kondisinya sudah harus diganti namun kita tidak mengetahuinya, resiko terhadap mesin sangatlah fatal. Letaknya yang berada didalam mesin memang menuntut kita untuk lebih peduli lagi terhadap komponen yang satu ini. Karena kadang komponen yang tidak terjangkau oleh visual kita, membuat kita lupa akan keberadaannya, lupa disini bukan karena kita acuh tapi karena tidak terlihat oleh mata.

Untuk itu kita harus lebih peka lagi terhadap komponen-komponen yang keberadaannya diluar jangkauan. Telat mengganti resiko besar sudah menanti, kita dituntut harus waspada dan melakukan pergantian tepat waktu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang telah kita ketahui, peran timing belt pada mesin sangatlah vital karena benda inilah yang bertugas mengatur buka tutup klep secara tepat dan teratur agar mesin bekerja dengan normal. Bayangkan bila sampai timing belt putus disaat mesin sedang bekerja maka bisa dipastikan adanya tabrakan pada komponen. Berikut resiko-resiko yang akan terjadi bila telat mengganti timing belt :

  • Bila Timing belt kendur :
  1. Mengganggu performa mesin
  2. Resiko terlambatnya buka tutup klep
  3. Jika sampai copot berbahaya terhadap mesin
  • Bila Timing belt putus :
  1. Klep mesin bengkok

Walaupun tidak sampai patah, namun harus tetap dilakukan pergantian dan harus turun mesin

  1. Pelatuk klep mesin hancur

Hal ini dikarenakan piston pembakaran menabrak klep yang sedang terbuka.

  1. Mesin mati mendadak

Walau tidak terjadi tabrakan antar komponen, ketika timing belt putus maka mesin akan mati karena kegiatan mesin terhenti. Hal ini tentu membahayakan bagi pengemudi terutama saat sedang melaju cukup kencang.

  1. Mesin mati total

Inilah yang paling parah karena selain mesin mati, komponen yang berada didalamnya juga hancur karena saling bertabrakan.

Dampak yang ditimbulkan bila telat mengganti timing belt sangat mengerikan, selain biaya yang dikeluarkan akan sangat besar, keselamatan pengemudi juga dipertaruhkan. Untuk itu selalu cek kondisi timing belt secara berkala, sesuaikan dengan jadwal ketika anda melakukan servis rutin. Gantilah segera bila memang sudah waktunya harus diganti jangan ditunda-tunda dengan alasan apapun, selain itu gantilah hanya dengan yang standar pabrikan seperti di Bengkel BOS. Ingat Timing belt, ingat Bengkel BOS.